Waktu Sangat Berharga


Waktu sangat penting, itu terlalu berharga untuk disia-siakan atau diabaikan. Orang bijaksana adalah orang yang memperhatikan waktu dan tidak memperlakukannya sebagai wadah untuk diisi dengan hal-hal murah dan bicara sia-sia.

Sebaliknya, ia membatasi untuk usaha layak dan amal saleh yang menyenangkan Allah dan bermanfaat bagi orang lain. Setiap menit dari kehidupan seseorang membawa potensi untuk meningkatkan status sendiri dan membuat rakyatnya bahagia, sedikit demi sedikit.

Jika Anda tertarik untuk mencapai posisi tertinggi, dan membawa kebahagiaan kepada orang-orang yang paling Anda, kemudian melupakannya santai dan menjauhkan diri dari hiburan kosong.

|

Syaikh as-Sa’di rahimahullah berkata,

    ”Salah satu bukti kebijaksanaan takdir dan hikmah ilahiyah, yaitu barangsiapa yang meninggalkan apa yang bermanfaat baginya -padahal memungkinkan baginya untuk memetik manfaat itu lantas dia tidak mau memetiknya – maka dia akan menerima cobaan berupa disibukkan dengan hal-hal yang mendatangkan madharat terhadap dirinya.

    Barangsiapa meninggalkan ibadah kepada ar-Rahman, niscaya dia akan disibukkan dengan ibadah kepada berhala-berhala. Barangsiapa meninggalkan cinta, harap dan takut kepada Allah maka niscaya dia akan disibukkan dalam kecintaan kepada selain Allah, berharap dan takut karenanya.

    Barangsiapa tidak menginfakkan hartanya dalam ketaatan kepada Allah niscaya dia akan menginfakkannya dalam mentaati syaithan. Barangsiapa meninggalkan merendahkan diri dan tunduk kepada Rabb-nya niscaya dia akan dicoba dengan merendahkan diri dan tunduk kepada hamba.

    Barangsiapa meninggalkan kebenaran niscaya dia akan dicoba dengan kebatilan.” (Tafsir surat al-Baqarah ayat 101-103, Tais al-Karim ar-Rahman hal. 60-61)

|

Abdullah bin Umar radhiyallahu’anhuma berkata : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memegang kedua pundakku dan mengatakan,

    ”Jadilah engkau di dunia seperti orang asing atau orang yang singgah di perjalanan.”

    Ibnu ‘Umar berkata, “Kalau engkau berada di waktu pagi jangan sekedar menunggu datangnya waktu sore. Kalau engkau berada di waktu sore jangan sekedar menunggu datangnya waktu pagi.

    Manfaatkanlah waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu. Dan gunakanlah masa hidupmu sebelum datang kematianmu.” (HR. Bukhari. 6053, Kitab ar-Raqaa’iq)

semoga kita semua selalu di beri kan berkah dan ridho NYA oleh Allah SWT dan tak lupa mensyukuri segala nikmat yg Allah berikan agar kita semua selalu di jalan NYA keep Istiqomah …aamiin YRA lvu all

Allah swt berfirman :

    ” Hai orang – orang yang beriman, janganlah harta – hartamu dan anak – anakmu melalaikanmu dari mengingat Allah swt. Barangsiapa yang berbuat demikian, maka mereka itulah orang – orang yang rugi.

    Dan belanjakanlah dari sebagian apa yang telah kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu, lalu ia berkata : Ya Tuhanku, mengapa Engkau tidak menangguhkan ( kematian 0 ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bershodaqah dan aku termasuk orang – orang yang sholeh.

    Dan Allah sekali – kali tidak akan menangguhkan ( kematian ) seseorang apabila datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” [ QS Al Munafiqun : 9 - 11 ]

|

Dalam satu menit Anda dapat melakukan banyak pahala yang baik dan banyak dibebani. Hanya dalam satu menit, dengan memberikan dalam amal, belajar, menghafal, atau berusaha untuk melakukan perbuatan baik, Anda dapat memastikan bahwa ini menit hidup Anda tidak terbuang.

Satu menit dapat dicatat dalam buku harian anda dari perbuatan yang baik jika Anda tahu bagaimana memanfaatkan dan melakukan nya.

Saat ini kita masih berada di kehangatan awal tahun yang baru yakni  tahun hijriah 1433 H maupun di tahun 2012 Masehi. Bertambahnya bilangan tahun sudah pasti menandakan bertambahnya bilangan usia kita, yang juga berarti semakin mendekatnya limit waktu kehidupan yang telah ditentukan oleh Sang Maha Pencipta Allah Azza Wa Jallah bagi kita.

Pergantian atau penambahan tahun ini pun kita sikapi dengan penyikapan  yang berbeda-beda mulai dari penyikapan orang yang tidak peduli  sama sekali yang hanya beranggapan waktu itu sebagai pengukur detik,menit,jam,dan tahun, sampai pada orang yang sangat peduli hingga membuat perayaan-perayaan tertentu yang berlebihan dan jauh dari tuntunan.

Dan satu diantara sebagian  kita ada yang memilih hanya mengkalkulasi atau mengevalusi berbagai pencapaian diri baik sisi dunia maupun akhirat sepanjang perjalanan waktu yang mereka lalui ditahun sebelumnya.

Dan telah menyusun seabrek rencana untuk perjalanan waktu selanjutnya dan terkhusus mungkin ditahun 2012 ini. Sebagaimana perkataan Allah

    “Hai orang-orang yang beriman , bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, seungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Hasyr :18)

Begitulah Allah Azza Wajallah  yang Ar-Rahman dan Ar-Rahim yang senantiasa memberikan petunjuk kepada hamba-hambanya. Setelah bersumpah atas nama makhluknya yang bernama “waktu” Beliau Azza Wajallah  kemudian mengiringi ayat tersebut dengan menjelaskan kepada kita bahwa

    “ Sungguh, Manusia dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal kebajikan serta saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran”

Imam Syafi’i rahimahullah berkata terkait surat ini bahwa telah cukup bagi manusia untuk mendorong mereka agar memegang teguh agama Allah dengan beriman, beramal sholih, berdakwah kepada Allah, dan bersabar atas semua itu dengan ayat ini.

Kemudian Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah menjelaskan,

    ”Maksud perkataan beliau  dengan mengatkan bahwa Beliau tidak bermaksud bahwa manusia cukup merenungkan surat ini tanpa mengamalkan seluruh syari’at.

    Karena seorang yang berakal apabila mendengar atau membaca surat ini, maka ia pasti akan berusaha untuk membebaskan dirinya dari kerugian dengan cara menghiasi diri dengan empat kriteria yang tersebut dalam surat ini, yaitu beriman, beramal shalih, saling menasehati agar menegakkan kebenaran (berdakwah) dan saling menasehati agar bersabar”

Al waktu kas saif (waktu ibarat pedang), begitulah pepatah arab menyebutkan. In lam taqtho’hu yaqtho’uka (kalau kau tak memotongnya maka dia yang akan memotongmu).

Memotong waktu itu adalah dengan tidak membiarkannya sia-sia sedang dipotong oleh waktu adalah dibuai oleh waktu dalam kesia-siaan. Karena hidup hanya sebentar, maka bila kita tak memanfaatkannya dengan baik maka kita akan menyesal selamanya.

Mari kita perhatikan bagaimana Allah mengabarkan penyesalan orang yang hidupnya tidak taat ketika dunia

    “Hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata: “Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampal hari mereka dibangkitkan.” (QS Al-Mu’minun: 99-100)

Semoga Allah Azza Wa Jalla memberikan hidayah dan taufiq-Nya kepada kita semua agar bisa memanfaatkan kesempatan dan keluasan waktu yang diberikan untuk berbekal bagi kehidupan akhirat.




Related Post

53 komentar:

KangFarhan mengatakan...

waktu adalah emas.. sebaik2 insan adalah yg selalu menghargai detik demi detik waktu yg telah dianugerahkan kepada kita....
hay mbak nesty...maaf baru muncul jd kangen sm sobat lama...hehe

Miss Nesthy mengatakan...

@Kang Farhan: Setuju sekali, manfaatkan waktu sebaik2nya..Trimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya sobat.

obat batu ginjal tradisional mengatakan...

setuju gan, waktu harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Eka mengatakan...

Barang siapa yg bisa mempergunakan waktu sebaik mungkin untuk Hal yg positif dan bermanfaat, Insyaallah hidupnya tidak akan sengsara :) kira2 begitu ya teh hehee... :)

yuud mengatakan...

waktu tak bisa kembali. Lam kenal dulu miss nesthy. ngeramein google readernya ajah. updatenya rajin.

Eka mengatakan...

aku hadir lagi sobat, met malam yaaah

Obat Stroke mengatakan...

waktu memang sangat berharga , karna waktu yang sudah terjadi tidak bisa kita ulangi kembali .

Jelly Gamat mengatakan...

waktu itu lebih berharga dari pada uang, karena wakti tidak bisa di beli oleh apapun

angga mengatakan...

waktu memang hrus d prgunakan semaksimal mungkin.,

rendi mengatakan...

waktu semenit pun sangatlah brharga, jd prlu ktepatan dlm mmprgunakan waktu seefektif mngkin..

aryo mengatakan...

kita memang perlu memanfaatkan waktu sebaik mungkin, jngan menyia2kannya.

rahmat mengatakan...

kalo kata pepatah, TIME IS MONEY ya gan?? :D

Eka mengatakan...

dengan bisa mengatur waktu pasti kita tdk dikejar2 waktu ya sob hehehe... :) gimana kabarnya ? ...

ultrabook terbaru mengatakan...

Jangan membuang waktu, atau waktu yang akan membuang kita...hehehe :-)

jual obat asam urat mengatakan...

Terimakasih atas pencerahannya

Obat Penyakit Eilepsi mengatakan...

Semoga kita bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin dengan halk positif

Obat Tradisional Penyakit Asma mengatakan...

Mari kita manfaat waktu dengan sebaik mungkin

Eka mengatakan...

waktu akan menjadi sangat berharga bila kita bisa mengaturnya dan memanfaatkannya :)

Obat Herbal Diare mengatakan...

Waktu sangatlah berharga, jangan di sia-siakan

Obat Herbal Alergi Kulit mengatakan...

ialah, waktu kan segalanya

Obat Turun Panas mengatakan...

Betul banget waktu sangat berharga

ANAK AMAN mengatakan...

Semoga kita bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin dengan halk positif

JANTUNG BOCOR mengatakan...

Mari kita manfaat waktu dengan sebaik mungkin

KISTA mengatakan...

waktu itu lebih berharga dari pada uang, karena wakti tidak bisa di beli oleh apapun

ALAMI TERBAIK mengatakan...

jangan membuang waktu, atau waktu yang akan membuang kita...hehehe :-)

Obat Sesak Nafas Alami mengatakan...

kata orang waktu itu adalah uang, tapi menurutku waktu itu sangat tak ternilau mbak, tak bisa dibeli dengan uang semata

Unknown mengatakan...

jangan sia-siakan waktu untuk hal-hal yang tidak berguna, gunakan waktu untuk mencari bekal di akhirat dan jangan terpengaruh dengan silaunya dunia fana

merk powerbank yang bagus mengatakan...

Nice artikel sob... hehehehe

jelly gamat mengatakan...

ini yang sangat berharga dan sesuatu yang tidak bisa diulang.. itu adalah waktu

obat radang telinga mengatakan...

waktu bagaikan pedang :)

Anonim mengatakan...

yup sista, saya juga setuju, jangan sia-siakan waktu, biasanya saya selalu pakai jam tangan couple di tangan saya, biar inget wakut.

nice share sis :)

dewi fatmala sari mengatakan...

alhamdulillah, dengan artikel ini smga bnyak orang yang sadar agar dpat menjaga waktunya seefesien mungkin...

Kumpulan Kisah Hikmah mengatakan...

Kemana aja nih Miss Nestinya? Blognya ngga keurus gini.. Buat saya aja kali Miss, biar diurus..


Gadis yang Memesan Neraka Jahanam | Tips Menjauhi Konten Negatif Dunia Maya | Wanita yang di Azab saat Menunaikan Ibadah Haji

Unknown mengatakan...

sorry I helped to establish the link.
your website is very good and this article is very useful.
good luck and always success for your blogging.

OBAT PSORIASIS
Obat Penurun Kolesterol Tinggi Yang Cepat
Obat Herbal Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi
Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Cepat
Makanan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes

WSC ASLI IMPORT mengatakan...

ketegasan harus berguru pada waktu.. gak ada tawar menawar ... tetap berjalan...yuk belajar memanfaatkan waktu sebaik baiknya...

jual obat herbal gold-g 320 ml mengatakan...

memang waktu itu sangat berharga sekalih.

agen jamsi mengatakan...

waktu di dunia hanya sementara

jamkho kholesterol mengatakan...

dunia adalah panggung sandiwara

Boneka Full Body mengatakan...

good job

maderic obat asam urat mengatakan...

jangan sia siakan waktu luangmu

pelangsing wsc biolo mengatakan...

waktu itu adalah amalmu

wsc biolo wootekh mengatakan...

kumpulkan bekalmu sebanyak mungkin di dunia

Jam Tangan Couple mengatakan...

waktu tidak bisa kembali, maka dari itu harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

jelly gamat untuk pengobatan mengatakan...

thank for information, is the nice pos like is like amazing is amazing

INTERIOR JAKARTA mengatakan...

waktu tak bisa diputar ulang, jadi wakt6u harus dihargai, nice post.
https://www.facebook.com/interiorjakarta

Cream wajah aman mengatakan...

Nice nih gan artikelnya

Krim penghilang flek hitam tebal yang ampuh mengatakan...

artikel yang menarik gan

Obat Flek Hitam Paling Ampuh mengatakan...

Benar sekali, waktu memang sangat berharga.. :)

Krim penghilang flek hitam mengatakan...

nice gan

Cream Penghilang Flek Hitam mengatakan...

bener banget kak, waktu itu harus kita gunakan dengan sebaik mungkin..

obatparuparukronis mengatakan...

sangat berbahar memang soalnya waktu tidak bisa di beli

Cream penghilang noda hitam bekas jerawat mengatakan...

waktu adalah uang

Anonim mengatakan...

Sangat bermanfaat. Kunjungi juga blog saya CODEin.my.id

Posting Komentar

Pemilik Blog

Foto saya
Seorang Yang Suka Browsing Dan Mencari Artikel Pas Untuk Di Baca Dan Bermanfaat Bagi Masyarakat Dunia

MY SITE INFO

Komentar Terbaru