Keindahan Gunung Bromo

Gunung Bromo bukan hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia, tetapi sudah menjadi agenda kunjungan wisata bagi masyarakat dunia. Tidak pernah sepi dari kunjungan para turis, bahkan mereka betah berhari-hari tinggal disana.

Meniti tangga menuju puncak Gunung Bromo untuk menyaksikan terbitnya matahari bukan suatu hal yang terlalu berlebihan. Namun bermain-main dibibir kepundan yang menganga kemudian merayap turun menjejakkan kaki telanjang pada magma beku untuk mengukir nama kemudian mengabadikannya, barangkali hanya bisa dilakukan di Bromo tidak ditempat lain.

Gunung Bromo berada dikawasan pelestarian alam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan merupakan Taman Nasional paling spektakuler dan paling mudah dikunjungi diantara Taman Nasional lainnya yang ada di Indonesia yang terletak antara 1.000 – 3.676 meter diatas permukaan air laut. Wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terletak pada rangkaian pegunungan berapi yang merupakan salah satu dari rangkaian besar pegunungan yang terbentang sepanjang Pulau Jawa. Dibagian utara pegunungan Tengger terdapat kaldera Tengger yang sangat indah dan menarik, garis tengahnya mencapai 8-10 kilometer, sedang dindingnya yang terjal tingginya antara 200–700 meter.

Dasar Kaldera Tengger berupa laut pasir seluas 5.290 ha, terdapat Gunung Bromo (2.392 m), Gunung Batok (2.470 m), Gunung Kursi (3.392 m), Gunung Watangan (2.601 m), dan Gunung Widodaren (2.600 m). Gunung Bromo merupakan gunung yang masih aktif yang pada waktu tertentu mengeluarkan asap. Disamping untuk tujuan pariwisata, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru berfungsi pula untuk : Penelitian, Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Pendidikan, Konservasi dan Pembinaan Cinta Alam.

Seperti pada umumnya Taman Nasional lainnya di Indonesia, pengelolaan Taman Nasional ini dilaksanakan oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang kantornya berada di Malang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Perlindungan Hutan dan Pelestarian alam, Departemen Kehutanan.

Gunung Bromo ini juga terletak di tiga kabupaten, yaitu kapbupaten Probolinggo, Pasuruan dan Malang yang ketiga kabupaten itu masih dalam satu propinsi Jawa Timur.

Menurut Schmidt and Ferguson type iklim di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tergolong type C dan D. Sedangkan musim hujan berlangsung pada bulan Oktober sampai Maret. Suhu rata-rata berkisar antara 7-18 derajat celcius. Type vegetasi hutan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah type Hutan Hujan Pegunungan yang terdiri dari Hutan Tinggi, Hutan Alfin, Hutan Cemara, Padang Rumput dan vegetasi Kaldera. Tumbuhan yang banyak dijumpai adalah Cemara (Casuarina junghuhniana), Akasia (accaccia decurens), Mentigi (Vacinium varingaefolium), Adas (Anethum graveolens), Senduro atau bagi masyarakat Tengger disebut bunga Tanalayu dan juga sering disebut sebagai bunga Edelwise (Anaphalis javanica), dan berbagai jenis anggrek alam di daerah Semeru selatan

Pintu gerbang utama menuju ke Laut Pasir dan Gunung Bromo melalui Cemorolawang. Kawasan ini merupakan daerah wisata yang paling ramai terutama pada hari libur. Beberapa aktivitas dapat dilakukan di daerah ini antara lain : berkemah, menikmati pemandangan alam, berkuda menuju Lautan Pasir atau berjalan kaki. Untuk mencapai puncak Gunung Bromo dapat menaiki tangga yang telah disediakan. Kawah Gunung Bromo merupakan kawah yang menganga lebar

Pemandangan matahari terbit di Gunung Bromo sangat indah dan menjadi daya tarik tersendiri dan untuk menikmatinya kita dapat berangkat dari Cemorolawang pada jam 04.00 WIB.

Untuk mencapai daerah Cemorolawang digunakan rute: Probolinggo – Tongas / Ketapang – Sukapura – Ngadisari kurang lebih berjarak 42 kilometer dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum sampai Ngadisari. Sedangkan dari Ngadisari – Cemorolawang kurang lebih 3 kilometer dapat berjalan kaki atau memakai kendaraan Jeep.





Related Post

64 komentar:

Zero CodeXgigas mengatakan...

indahnya alam negeri ini..
saya suka gunung bromo

arief ahsan mengatakan...

pengen banget sy kesana.. sy suka dengan bromo..

Arie mengatakan...

Sering sih kesini, jika ada tour ke daerah jatim bagian timur selalu mampir ke bromo. Apalagi melihat terbitnya matahari di puncak bromo.

SR11 mengatakan...

Wah jadi pengen berpetualang ke sana. hehe
Jangan lupa komentar balik yah.

Salam dari SR11 :)

Beni Muhaemin mengatakan...

nice blog kang, visit back and follow me ok... :D

Huzna Souvenir mengatakan...

wah saya jg pernah ke gunung bromo sis, jam 4 subuh berangkat kepuncaknya, indah bgt pas liat matahari terbit..........

mama pipie mengatakan...

subhanallah.. cantiknya

Indonesia Ku mengatakan...

wow indah sekali miss...salam..

haramain software mengatakan...

cuma denger aja tapi saya belum pernah kesana. jadi pengen.

KangFarhan mengatakan...

saya pernah kesana dan ingin kesana lagi....sungguh menakjubkan sekali....

Eka mengatakan...

kapan yah bisa jln2 ke Jawa Timur liat pemandangan dan Keindahan Gunung Bromo ... :)
mantaaap teman ... :)

Muro'i El-Barezy mengatakan...

wah ane belum pernah kesana tuh, memang sangat menakjubkan...

Catatan Bazzo mengatakan...

indah sekali tempat nya jadi pengen kesana tu ..ehmmm kapan y????ckckckkc

Sundul mengatakan...

Banteb banget ....

diary online mengatakan...

Indah nya..seidah penulis blog nya

adablog mengatakan...

kapan2 ane jadi pengen maen kesana deh :D

iduy mengatakan...

mantef Miss.. liburan ke sana seru kali ya..!????

Desa Cilembu mengatakan...

saya pernah kesana...beneran menakjubkan, apalagi senja hari...mantep

duniasharing mengatakan...

pengen banget ke sana ya :D

indah banget ya .

Adminnya Blog ArtikelPas/ Nesthy mengatakan...

Teman-teman, makasih ya atas komentarnya..moga persahabatan kita makin baik walau cuma di dunia maya..

My Laboratorium mengatakan...

Wah jadi pengen jalan-jalan kesana sambil bertualang :)

Outbound Training di Malang mengatakan...

jangan terlalu lama sobat dalam membuat rencana, bukankah hiodup itu nyata? Hidup yangnyata bukan hanya btuh rencana namun, ia pun memerlukanaction kita..

ditunggu kunjungnnya sob http://www.nolimitadventure.com/

pasar herbal mengatakan...

Memang indah....jadi kangen dah lama ga daki gunung...hehehehehe...cerita dulu jaman sekolah

Dyna mengatakan...

Gunung Ku (Bromo) memang indah

ADMIN/Nesthy mengatakan...

Betul sekali teman-teman, gunung bromo memang indah ciptaan Sang Maha Pencipta, Allah SWT.

souvenir pengajian mengatakan...

bersyukurlah kita hidup di bumi indonesia dengan segala keindahannya...
sukses selalu buat blognya :)

tik tok mengatakan...

Wahh,,,kapan ya bisa ke Bromo ????
**ngayal

ubaybingokil mengatakan...

mantapp tuh bromo,,,,


bdw makin sukses saja blognya nih.. ???

mbah bromo mengatakan...

udah hampir ratusan kali pergi ke Bromo tapi g pernah bosen-bosen,hehe

bromo emng ngangenin :)

penyakit jantung koroner mengatakan...

jadi pengen maen ke gunung bromo deh

M.sagha MA mengatakan...

mantap

yuli eko's blog mengatakan...

q siap antar berwisata k bromo, inbox ae

Obat Alami Jelly Gamat mengatakan...

wah,,, gunung bromo memang memiliki panorama yang sangat indah..

mrofiuddin mengatakan...

Luar biasa....Seperti yg diceritakan...saya sudah 4 Kali kesana....dan ndak bosen2nya....Yang ndak nguat i Dwinginnya Minta Ampun...heheheh...kalau musim kemarau...Bawa Jaket yg tebel y....

obat penyakit stroke mengatakan...

jadi pengen liburan, wkwk

salam sehat :)

Obat untuk penyakit kanker prostat mengatakan...

Duh sangat indah banget, kapan ya bisa kesana

Obat Tipes mengatakan...

Indah Sekali....
Artikel Yang Mantapp Gan ^_^

mariyanto widodo mengatakan...

sangatlah indah dan menawan wisata indonesia.

id-pendidikan mengatakan...

woooow.... kereeeeen.... jadi pengen kesana... ;)

Ary_Putra mengatakan...

Rasanya setelah baca artikel tentang keindahan gunung bromo jadi serasa pengin main kesana. bermain di lautan pasir hehehe. Nice

wartaloka mengatakan...

keren................

Miss Nesthy mengatakan...

Hello teman-teman...trimakasih atas komentarnya di sini...:) Happy Blogging For All

obat obesitas ampuh mengatakan...

seruu kali yah kalau maen ke Bromo

topspot-official mengatakan...

Indah banget ya gunung bromo ini! Andai bisa kesana.. :O

airport pickup w2 mengatakan...

All that we are is the consequence of what we have estimation. Wait… Has anyone exhorted dissertation for you. Keep the articles progressing !
heathrow to w2 | southend to w2

Pakistani matrimonial sites mengatakan...

I wanted to thank you for this great blog! I really enjoy every little bit of it and I have you bookmarked to check out new stuff you post.
Pakistan marriage | Pakistani Shadi

Cheap office furniture mengatakan...

I enjoyed reading it. I'm supposed to be somewhere else in a minute but I stuck to reading the story. I like the quality of your blog: D
Customized office furniture | Best office furniture

Best advertising agency in Pakistan mengatakan...

I enjoyed reading i some interesting stuff about this article. I'm supposed to be somewhere else in a minute but I stuck to reading the story. I like the quality of your blog: D
Office furniture catalogue | Buy furniture online

ekstrakmanggis mengatakan...

kalau ada libur panjang saya akan coba maen kesana, kayanya akan seru nih dan sangat indah sekali gunungnya.

Obat Kanker Kolorektal mengatakan...

Subhanallah betapa indahnya alam kita ini..
saya belum pernah kesana loh pasti sangat seru baru lihat gambarnya saja sudah menakjubkan apalagi kalau melihat secara langsung

DOWNLOAD SEDUCE ME SEX ADULT 18+ PC GAME COMPRESSED CLICK HERE TO DOWNLOAD mengatakan...

.

Admin mengatakan...

FREE DOWNLOAD GOD OF WAR-2 PC GAMES IN HIGHLY COMPRESSED MEDIAIFRE PARTS FULL VERSION DOWNLOAD FROM HERE-->>>> www.raishahnawaz.com

DOWNLOAD GTA SANANDREAS FULL VERSION WITH SOUND COMPRESSED MEDIAFIRE DOWNLOAD FROM HERE-->> www.earnelite.com

Obat Penyakit Eilepsi mengatakan...

Kapan ya saya bia berpetualang kesana

Obat Penyakit Eilepsi mengatakan...

Indah juga ya gunung bromo
kapan saya bisa berwisata kesana

Obat Tradisional Penyakit Asma mengatakan...

Kkayaknya seru juga ya main kesana

Obat Tradisional Penyakit Asma mengatakan...

Kapan ya saya bisa main ke gunung bromo,karena ingin melihat keindahan alam nya

Obat Alami Sakit Maag mengatakan...

Alam indonesia itu memang sangat indah tak kalah deh dengan alam di luar sana

XXX HENTAI SEX ADULT 18+ PC GAME CLICK HERE TO DOWNLOAD mengatakan...

DOWNLOAD XXX NURS HENTAI SEX GAME FOR ADULTS 18+ CLICK HERE TO DOWNLOAD
DOWNLOAD SEDUCE ME SEX ADULT PC GAME 18+ CLICK HERE TO DOWNLOAD

ANAK AMAN mengatakan...

wow indah sekali sis...salam..

JANTUNG BOCOR mengatakan...

Indah banget ya gunung bromo ini! Andai bisa kesana.. :O

KISTA mengatakan...

Indah juga ya gunung bromo
kapan saya bisa berwisata kesana

ALAMI TERBAIK mengatakan...

keren................

obat maag alami mengatakan...

Thanks infonya gan...
sangat bermanfaat

kunjungi web sy ya
bestagaric
obat maag
obat maag untuk ibu hamil

Eka mengatakan...

lama tak berkunjung... :)

Poskan Komentar

Pemilik Blog

Foto Saya
Seorang Yang Suka Browsing Dan Mencari Artikel Pas Untuk Di Baca Dan Bermanfaat Bagi Masyarakat Dunia

MY SITE INFO

Komentar Terbaru