Mari Waspadai Penyakit Pergelangan Tangan


Pernah merasakan mati rasa di pergelangan tangan, kesemutan, panas, atau jarijari tangan terasa kebas? Walau sepele, jangan pernah abaikan gejala ini. Bisa jadi Anda menderita penyakit carpal tunnel syndrome (CTS).

Sindrom yang umumnya terjadi pada wanita ini juga bisa terjadi secara tiba-tiba. Dilansir dari Medicastore. com, terowongan karpal merupakan suatu saluran atau terowongan yang terbentuk mulai ujung lengan bawah melalui tulang-tulang pergelangan dan berakhir pada tulang-tulang telapak tangan (tulang-tulang karpal).

Dalam saluran karpal ini terdapat saraf yang bernama saraf medianus. Saraf medianus merupakan saraf untuk sistem perasa (sensorik) dan penggerak (motorik)) tangan dan jarijari tangan. Saraf medianus juga mengontrol otot-otot pangkal ibu jari (otot-otot tenar). CTS bisa terjadi akibat adanya proses peradangan di jaringan-jaringan sekitar saraf medianus (tendon dan tenosynovium) dalam saluran karpal.

Peradangan tersebut mengakibatkan jaringan di sekitar saraf menjadi bengkak, sendi menjadi tebal, dan akhirnya menekan saraf medianus. Penekanan saraf medianus ini lebih lanjut akan menyebabkan kecepatan hantar (konduksi) dalam serabut sarafnya terhambat sehingga timbullah berbagai gejala di tangan dan pergelangan tangan.

Gejala awal penyakit ini di antaranya kesemutan atau kebas di pergelangan tangan dan jari-jari tangan, terutama ibu jari, telunjuk, jari tengah, dan sebagian jari manis. Gejala lainnya rasa seperti panas atau nyeri, terutama pada malam hari, dan sering disertai kesemutan (nocturnal paresthesia).

Rasa sakit ini menyerang nyeri pada lengan bawah dan siku, bahu yang dipicu dan diperberat dengan aktivitas pemakaian jari tangan yang terlalu lama. Adapun penyakit bawaan yang dapat memicu penyakit CTS ini, di antaranya diabetes melitus (komplikasi dari neuropati diabetik), perubahan hormonal khususnya pada wanita (kehamilan, menopause, penggunaan kontrasepsi oral), obesitas, hipotiroid, arthritis rheumatoid, lupus eritematosus sistemik, cedera (dislokasi dan fraktur),dan faktor genetik (keturunan).

Bagi penderita penyakit ini bisa diobati dengan cara perawatan secara teratur atau pembedahan. Penderita yang belum serius mengalami sakit ini bisa terapi dengan mengurangi beban tangan, terapi air (merendam tangan pada air hangat) dan melakukan peregangan pada otot-otot tangan.



Related Post

65 komentar:

Anak Rantau mengatakan...

Wah ngeri juga kalo harus dibedah sob hehe...

Kang Farhan mengatakan...

wuih ...jadi tahu nih betapa sepele namun akibatnya gak tanggung2 kalo sakit pergelangan tangan.... sip banget artikelnya

Beni Muhaemin mengatakan...

jika anda membutuhkan obat herbal, langsung PM aja.. :D

duniasharing mengatakan...

bahaya juga, semuanya jenis penyakit mau besar atau kecil jangan di sepelekan ya . makasih sharinngyakang..

Hzndi mengatakan...

Nice tips gan :D

Muro'i El-Barezy mengatakan...

wah berarti kita ga boleh anggap remeh kesemutan ya sob

bisa gawat juga, trims infonya

pasarherbal mengatakan...

ternyata kesemutan bisa jadi tanda adanya penyakit ya....hmmm...baru tau ane setelah baca disini...ok sobat makasih infonya dan salam sehat selalu

Penyuluh Perikanan mengatakan...

Informasi kesehatan yang sangat penting nih un tuk kawan semua, tapi kalau boleh saya sarankan ini ada info menarik, dimana2 itu ada terapi listrik dan kaki dicelupkan, kawan saya sudah terbukti sembuh sobat....
jangan lupa mampir yah sobat
http://penyuluhpi.blogspot.com/2012/04/menggemari-perikanan.html

Sakahayang Dot Com mengatakan...

wah sungguh sob saya baru tahu adanya penyakit carpal tunnel syndrome.
Terima kasih ya infonya sangat bermanfaat nih.

wilujeng ngeblog

Gumanta-info mengatakan...

Kayaknya pergelangan tanganku sakit juga nih,.

Bocah n mengatakan...

nice inpo sist, jadi tau kalo ada penyakit kayak gitu ......

Admin Blog Artikel Pas mengatakan...

Thanks ya kawan-kawan atas kunjungan dan komentar kalian..

lina@happy family mengatakan...

Kenapa penderitanya banyak wanita ya? Apa karena banyak wanita yang mengerjakan seluruh pekerjaan rumah tangga sendirian saja?

zhey five | ehwansah jailani mengatakan...

wahhhh baru tau ane nih.... tapi ane gak pernah tuh pakai asesoris di tangan sih....

makasih ya infonya....

San San mengatakan...

alhamdulillah,, kayaknya belum pernah ngalamin kya gitu,,

salam Saling Sharing

ivan lionel andreas mengatakan...

nice info Gan,... :)

Workshop mengatakan...

Hello Greetings friend. Do not forget to stop by my house.

ICAH BANJARMASIN mengatakan...

sangat bermanfaat banget artikelnya abang..sippp bangg.

Edyn Laskar mengatakan...

Oh, ternyata ghitu yach baru tau Q,, makasi infonya....

SERIBUAN SATU mengatakan...

mantap mbak...

rizki_ris mengatakan...

Kunjungan malam sobat
saya dulu pernah membuat makalah mengenai CTS
benar sobat, pnyakit ini rawan menyerang wanita terutama wanita hamil karena adanya perubahan hormon

Miss Nesthy mengatakan...

Thanks buat teman-teman yang udah kasih komentarnya di sini. Salam manis dan persahabatan dari admin.

obat radang paru-paru tradisional mengatakan...

terimakasih untuk informasi nya gan

obat asam urat tradisional mengatakan...

wah baru tau ane gan ..
berbahaya juga ya

obat liver tradisional mengatakan...

ikut menyimak gan

obat diabetes melitus tradisional mengatakan...

baru tau ane gan ..
berkunjung ya ..

Obat Stroke mengatakan...

Terima kasih sudah mengingatkan gan.

Obat Kanker Prostat mengatakan...

penyakit ini mengerikan juga yah gan.

Anonim mengatakan...

jadi gimana jalan keluarnya dong, sangat tersiksa nih

Anonim mengatakan...

jadi gimana jalan keluarnya dong, sangat tersiksa nih

Anonim mengatakan...

jadi gimana jalan keluarnya dong, sangat tersiksa nih

Ary_Putra mengatakan...

Ijin nyimak artikelnya mbak... info yang menarik karna dari artikelnya tsb bisa nambah wawasan buat kita semua. ngeri juga ya dari isi artikel di atas. besar kecil penyakit klo di biarkan jg akan memperparah keadaan. Nice share

Miss Nesthy mengatakan...

Hello teman-teman...trimakasih atas komentarnya di sini...:) Happy Blogging For All

cara pemesanan ace max's mengatakan...

heumm
makin banyak penyakit yang awalnya dianggap sepele

Puisi Terbaik Islami mengatakan...

oh gitu yah mba ... nice share ...

Pengobatan Kanker Hati Tradisional mengatakan...

makasih infonya mbak

Eka mengatakan...

setiap penyakit, walaupun kecil, jgn dibiasakan untuk membiarkannya agar sembuh sendiri, bisa jadi dari yg anggap kita kecil bisa menjadi penyakit yg membahayakan bagi kita... :)
nice info kawanku :)

DOWNLOAD SEDUCE ME SEX ADULT 18+ PC GAME COMPRESSED CLICK HERE TO DOWNLOAD mengatakan...

NYCC

Admin mengatakan...

FREE DOWNLOAD GOD OF WAR-2 PC GAMES IN HIGHLY COMPRESSED MEDIAIFRE PARTS FULL VERSION DOWNLOAD FROM HERE-->>>> www.icoregames.blogspot.com

DOWNLOAD GTA SANANDREAS FULL VERSION WITH SOUND COMPRESSED MEDIAFIRE DOWNLOAD FROM HERE-->> www.buzzergames.blogspot.com

pengobatan hepatitis mengatakan...

ternyata itu juga termasuk penyakit berbahaya, terimakasih infonya. sukses selalu

jelita mengatakan...

lalu penyebab nya penyakit lengan ini dari apa aja ya ?

Supersonicgamez Gamez mengatakan...

Free Download Tekken 5 Game Full Version | Tekken 5 PC Game DOWNLOAD FROM HERE-->>>> www.zoomblogstar.blogspot.com

Eka mengatakan...

setiap penyakit walaupun kecil hrs tetap di waspadai ya sob hehehee...

Obat Penyakit Eilepsi mengatakan...

Wah saya baru tau tentang penyakit ini
kalau kesemutan sich pernah cuma gak sering

Obat Tradisional Penyakit Asma mengatakan...

Oh gitu,saya baru tau nich.Kalu kesemutan sich pernah cuma gak sering

Jasa Web Blog mengatakan...

Wih serem juga ya gan

weberita mengatakan...

baru tau nih ada kayak gini, makasih infonya gan...

XXX HENTAI SEX ADULT 18+ PC GAME CLICK HERE TO DOWNLOAD mengatakan...

DOWNLOAD XXX NURS HENTAI SEX GAME FOR ADULTS 18+ CLICK HERE TO DOWNLOAD
DOWNLOAD SEDUCE ME SEX ADULT PC GAME 18+ CLICK HERE TO DOWNLOAD

sekslove.com mengatakan...

Informasinya bagus banget saya sangat menyukai artikel-artikel pada blog anda ini.

Salam Jabat Erat Tangan Dari Kami.

blog ini lg Blogwalking...
Dan Kalo Ada Yang Mau Cari Alat Bantu Sex Atau Obat Kuat Dan Obat Perangsang Atau Pun Obat Pelangsing Badan Blog Kami Menyediakannya jika berkenan berkunjung ya.. makacih

ANAK AMAN mengatakan...

bahaya juga, semuanya jenis penyakit mau besar atau kecil jangan di sepelekan ya . makasih sharinngyakang..

JANTUNG BOCOR mengatakan...

lalu penyebab nya penyakit lengan ini dari apa aja ya ?

KISTA mengatakan...

oh gitu yah mba ... nice share ...

ALAMI TERBAIK mengatakan...

Ijin nyimak artikelnya mbak...

masje jubek mengatakan...

bagus ne artikel...

Obat asam urat mengatakan...

artikel yang menambah wawasan

obat tradisional asam urat mengatakan...

Informasi yang sangat bagus dan menarik

obat jantung koroner herbal mengatakan...

wah, bermanfaat sekali artikelnya saya baru tau

Amang Berangas mengatakan...

Thank you very much...

SEX SHOP mengatakan...

okayyy di lanjutkan.....

★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★
╔══╗═════╔╗═════
╚╗╔╬═╦═╦═╣╠╦╦╦╦╗
═║║║╩╣║║╬║═╣║║║║
═╚╝╚═╩╩╬╗╠╩╬╗╠═╝
═══════╚═╝═╚═╝══
★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★


info DEWASA klik;

RAHASIA SEX TAHAN LAMA
Sex Shop On Line
Call Center Hp : 0821 3495 8895
( SMS ) 24JAM : 0856 0795 4414
Pin BlackBerry: 2AC 44 BCA
www.obatkuatpria.hol.es/


***** PEMBESAR PENIS PERMANEN *****

- VIMAX PILLS ASLI Obat pemesar penis
- VigRX Plus
- Lintah Oil
- Vacum Big Long Venis
- Celana Vakoou

~~~ MENJUAL BERBAGAI MACAM OBAT ~~~
OBAT KUAT VIAGRA USA ASLI
- obat kuat cialis 80mg
- Maximum Powerfull
- Obat Kuat V6 Tian
- Obat kuat OLES stud cream
Procomil spray Asli

### OBAT PERANGSANG WANITA ###

PERANGSANG CAIR POTENZOL
- Sex Drops Asli
- Perangsang Serbuk
- Perangsang Oles

++++ ALAT BANTU SEX PRIA ++++

===== ALAT BANTU SEX WANITA =====

Mas Rooy mengatakan...

Infon Nya Sangat Bermanfaat.

Salam Kenal hangat Jabat Tangan Dari Kami, Kalo Berkenan Kunjungi Balik Kapten..


Tips Agar Tubuh Langsing Usai Melahirkan

Tips Menghilangkan Jerawat

Tips Kesehatan Menambah Berat Badan

Tips Memerahkan Bibir

+++++++ Baca Juga Blogs Tentang +++++++

Alat Bantu Sex
Alat Bantu Sexualitasa
Alat Bantu Sex Pria
Alat Bantu Sex Wanita
obat perangsang
obat perangsang wanita

Pengobatan jantung mengatakan...

Sharing yang bagus

santika fadilah mengatakan...

nyimak yah...
http://tehsantika.blogspot.com/2014/09/khasiat-buah-nangka-untuk-kesehatan.html

power bank terbaik mengatakan...

kalo sering pakai gelang tangan yang sampai ketat, apa itu juga bahaya ya kak? mohon infonya

Jual Xamthone mengatakan...

aku sangat senang dengan apa yang ada di blog ini, terimakasih banyak

obat untuk kanker ginjal mengatakan...

serem juga yah gan penyakit ini

Poskan Komentar

Pemilik Blog

Foto Saya
Seorang Yang Suka Browsing Dan Mencari Artikel Pas Untuk Di Baca Dan Bermanfaat Bagi Masyarakat Dunia

MY SITE INFO

Komentar Terbaru